Penegenalan Use Case

Use Case

    adalah daftar tindakan atau langkah-langkah acara, biasanya mendefinisikan interaksi antara peran (dikenal dalam Unified Modeling Language sebagai aktor) dan sistem, untuk mencapai suatu tujuan. Aktor dapat menjadi manusia, sistem eksternal, atau waktu. Dalam rekayasa sistem, kasus penggunaan digunakan pada tingkat yang lebih tinggi daripada dalam rekayasa perangkat lunak, sering mewakili misi atau pemangku kepentingan tujuan. Persyaratan rinci kemudian dapat ditangkap dalam Sistem Modeling Language (SysML) atau sebagai pernyataan kontrak.

 

Fungsi Use Case

    ● Use case class digunakan untuk memodelkan dan menyatakan unit 
           fungsi/layanan yang disediakan oleh sistem (or bagian sistem: subsistem
           atau class) ke pemakai.

      ● Use case dapat dilingkupi dengan batasan sistem yang diberi label nama
          sistem.

      ● Use case adalah sesuatu yang menyediakan hasil yang dapat diukur ke
          pemakai atau sistem eksternal.

Karakteristk Use Case

  – Use cases adalah interaksi atau dialog antara sistem dan actor, termasuk  
     pertukaran pesan dan tindakan yang dilakukan oleh sistem.

  – Use cases diprakarsai oleh actor dan mungkin melibatkan peran actor lain. 

    Use cases harus menyediakan nilai minimal kepada satu actor.

  – Use cases bisa memiliki perluasan yang mendefinisikan tindakan khusus  

    dalam interaksi atau use case lain mungkin disisipkan.

  – Use case class memiliki objek use case yang disebut skenario. Skenario 

     menyatakan urutan pesan dan tindakan tunggal.
  • Komponen pembentuk use case;
 1.Aktor
     

      
        Actor tersebut mempresentasikan seseorang atau sesuatu (seperti perangkat, sistem lain) yang berinteraksi dengan sistem. Sebuah actor mungkin hanya memberikan informasi inputan pada sistem, hanya menerima informasi dari sistem atau keduanya menerima, dan memberi informasi pada sistem. Actor hanya berinteraksi dengan use case, tetapi tidak memiliki kontrol atas use case. Actor digambarkan dengan stick man . Actor dapat digambarkan secara secara umum atau spesifik, dimana untuk membedakannya kita dapat menggunakan relationship

    2.Use Case
          

   Use case adalah gambaran fungsionalitas dari suatu sistem, sehingga customer atau pengguna sistem paham dan mengerti mengenai kegunaan sistem yang akan dibangun. 

  •  Cara menentukan Use Case dalam suatu sistem:
 
a. Pola perilaku perangkat lunak aplikasi.
b. Gambaran tugas dari sebuah actor.
c. Sistem atau “benda” yang memberikan sesuatu yang bernilai kepada actor.
d.   Apa yang dikerjakan oleh suatu perangkat lunak (*bukan bagaimana cara mengerjakannya).


3.Contoh use case
 

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar