Setting Sectoral Antenna Menjadi Station (Penerima)

Dalam postingan kali ini saya akan membahas tentang langkah-langkah setting antena sectoral menjadi station. Langkah-langkahnya hampir sama seperti postingan saya yang sebelumnya, yaitu saat setting solid dish antena menjadi access point.

Langkah-langkahnya sebagai berikut :
  1. Jangan lupa membaca buku panduannya atau tulisan yang ada pada kardus, biasanya terdapat IP default dari perangkat antenanya.
  2. Pastikan kabel UTP POE (Power Of Ethernet) pada adaptor terhubung ke perangkat radio, dan ethernet LAN terhubung ke PC atau laptop.
    Peringatan : jangan sampai salah atau tertukar sehingga mengakibatkan perangkat rusak atau terbakar.
  3. Setting IP pada laptop satu subnet dengan IP default (192.168.1.20 ) perangkat antena.
  4. Pastikan laptop sudah dapat terkoneksi ke Antena dengan cara ping ke perangkat Antena.
  5. Buka melalui browser IP Antena (192.168.1.20) Klik I Understand The Risks > add exception.

  6.  Kemudian pada tampilan di bawah Klik Confirm Security Exception.
  7. Kemudian sudah masuk ke tampilan airOS masukkan Username : ubnt. pasword : ubnt. pilih  country : Indonesia dan berikan centang pada kotak persetujuan.
  8. Jika sudah masuk ke menu, maka pilih Tab system beri identitas di device name, time zone, centang enable pada starup date kemudian pilih tanggal di starupdate dengan cara mengeklik tanda tanggal pada samping kanan, jika sudah klik change kemudian apply, tunggu reboot terlebih dahulu.
  9. Biasanya selesai reboot maka akan keluar dari WEB kemudian masukkan username dan paswordnya seperti tadi.
  10. Kemudian pilih Tab Network dan ganti IP address 1 subnet dengan default Perangkat antena. Klik change lalu apply. Tunggu hingga reboot kembali.
  11. Langkah selanjutnya masuk ke Tab Wirelless, pilih wirelless mode : station, di kotak ssid klik select dan cari ssid dari Anten2a Access point yang akan kita sambungkan, kemudian frequency scan list centang enablenya, kemudian samakan frekuensi dengan yang ada di Antena Access point. kemudian masukkan pasword yang sama dengan antena access point di kotak WPA preshared Key. Klik change dan apply.
  12. Kemudian pada Tab yang paling kiri airmax proxy : high,  airview port samakan dengan antena Access point supaya bisa saling terhubung kemudian klik change dan apply.
  13. Kemudian cek apakah Antena Access pint sama antena station bisa terhubung atau tidak di TAB Main. Jika kedua frekuensinya sudah keluar maka kedua perangkat sudah bisa terhubung.
Begitulah postingan saya kali ini, semoga bermanfaat..
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar