Setting PowerBeam M2-400 Sebagai Access Point

Setting PowerBeam M2-400 Sebagai Access Point

    
1. Hubungkan komputer anda ke keadaptor AirMax yang LAN dan perangkat ubnt ke adaptor yang poe menggunakan kabel UTP. Kita atur dahulu ip address komputer kita agar satu subnet dengan ip address default dari perangkat ubnt biasanya tercantum di kardus.
2. Ketikkan ip address dari perangkat ubnt di browser kita. Misalnya: 192.168.1.20


Akan muncul tampilan seperti di bawah ini, kita bisa isikan username: ubnt dan password: ubnt. Serta pilih negara sesuai dengan negara kita. Misalnya: Indonesia. Lalu centang "I Agree" dan kilik "Login".
3. Kemudian, kita masuk ke Menu System. Isikan nama Device sesuai dengan keinginan. Misal: Power Beam M2 400 Latihan. Lalu Atur Time Zone agar waktunya bisa sinkron dengan lokasi kita. Kita atur juga tanggalnya, dengan cara mengaktifkan tanggal pada starup date di "Enable".
Untuk system accounts dapat diganti username dan password saat pertama login. Kemudian klik Change dan Apply.
4. Kemudian masuk ke menu "Network". Pada Network Mode pilih "Bridge". Atur ip address untuk nantinya menjadi ip address AccessPoint yang kita konnekkan. Misal: 192.168.75.20, kemudian klik Change dan Apply.
5. Kita tulis kembali ip address perangkat yang sudah diubah tadi di browser. Misalnya: 192.168.75.21, akan muncul gambar seperti dibawah ini:
6. Klik "Add Exception". lalu "Confirm"

7Lalu kita pilih menu "Wireless", pilih Wireless Mode sebagai AccessPoint.  Pemilihan access point sebagai wireless mode, itu berarti perangkat radio kita  digunakan sebagai pemancar sinyal. Isi SSID sesuai dengan keinginan Anda. Misal: Latihan AP. Kemudian pilih frekuensi yang akan digunakan, kita bisa menggunakan tool pembantu untuk memilih frekuensi. Caranya kita pilih pada menu Tool, Pilih Site Survey untuk melihat frekuensi yang telah digunakan di sekitar daerah Anda. Setelah Melihat beberapa frekuensi yang ada. Usahakan pilih frekuensi yang jarang digunakan. Pada Frekuency Mhz pilih frekuensi yang akan digunakan sesuai dengan hasil survey kita tadi.
Pada Wireless Security, kita bisa tambahkan password untuk wifi kita. Pilih mode Securitynya dan masukkan password sesuai keinginan kita. Kemudian klik "Change" dan "Apply".


6. Klik lambang yang ada pada menu yang di sebelah kiri. Kita bisa mengganti Port pada airView Port,  dan airMax Priority kita bisa pilih.Kemudian klik "Change" dan "Apply".
7. Klik Menu Main, di dalam menu main terdapat pengaturan yang telah Anda atur tadi. Setelah Radio Wifi sebagai AccessPoint terkoneksi dengan Radio Wifi Station maka akan muncul kekuatan sinyal yang dipancarkan, kualitas airMax dll. Access point kita sudah selesai, namun belum ada perangkat lawannya, yaitu station(STA)
  
Sekian artikel saya, semoga bermanfaat.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar